Atur Keuangan Jadi Lebih Baik di BSI Tabungan Rencana, Nggak Ribet plus Gratis Asuransi

Foto: Atur Keuangan Jadi Lebih Baik di BSI Tabungan Rencana, Nggak Ribet plus Gratis Asuransi/ @Pangerandiksi.com

Menabung itu menyisihkan uang buat keperluan yang nggak disangka-sangka, terus kalau pas butuh tinggal ambil sesuka hati kapan dan di mana saja. Eittts, yuk coba sedikit lebih keren: atur rencana bikin tabungan rencana untuk lebih disiplin menabung. Memang sekeren apa, sih tabungan rencana itu?

Ini dia, perkenalkan! Tabungan rencana adalah tabungan dengan setoran tetap untuk jangka panjang. Dalam buku ‘Mengelola Kualitas Layanan Perbankan’ yang disusun oleh Ikatan Bankir Indonesia terbitan Gramedia Pustaka Utama, 2014, tabungan rencana adalah tabungan dengan setoran wajib bulanan selama jangka waktu tertentu yang dilengkapi dengan perlindungan asuransi.

Kalau dalam sistem perbankan syariah tentu semua transaksi didasarkan atas akad dan ketentuan yang berlaku. Bank syariah bukan cuma sebatas bank no riba-riba club, tapi mengajak nasabahnya untuk bertransaksi, melakukan investasi, atau pun pembiayaan dengan transparan, adil, dan menawarkan keuntungan yang lebih banyak. Contohnya Bank Syariah Indonesia (BSI) yang punya banyak produk dan layanan keuangan kredibelitas tinggi.

Baca juga, yuk! Sepatu Aerostreet Produksi Lokal, Keren dan Berkualitas, Kok Bisa Murah Banget?

BSI punya produk tabungan rencana. Tentunya berbasis syariah, dong. Jadi, tabungan syariah itu kan ada beberapa jenis, salah satunya ialah tabungan rencana syariah. Kayak yang diterangkan sebelumnya, produk bank syariah itu menggunakan akad yang berlaku untuk sebagai pedoman dalam menjalankan transaksi syariah. Nah, tabungan rencana syariah ini menggunakan akad mudharabah mutlaqah.

Disarikan dari buku ‘Bank Syariah dari Teori ke Praktik’ karya Muhammad Syafii Antonio terbitan Gema Insani, di bank syariah, ada dua akad yang digunakan untuk produk tabungan. Pertama, tabungan atas dasar akad wadi’ah. Tabungan ini mengikuti prinsip-prinsip wadi’ah yad adh–dhamanah. Tabungan yang berakad wadi’ah pada dasarnya cuma titipan yang nggak bisa dikembangkan. Artinya, seberapa pun besaran tabungan tersebut bank syariah pantang untuk membungakan dan uangnya tetap berdasarkan transaksi yang dilakukan oleh nasabah.

DAFTAR ARTIKEL LAINNYA:

Yang kedua, tabungan atas dasar akad mudharabah (bagi hasil). Dana tabungan atas dasar akad mudharabah ini dikembangkan oleh pihak bank sehingga mendapat keuntungan. Nah, keuntungan itu wajib dibagi antara bank sebagai mudharib dan nasabah sebagai shahibul maal. Tabungan mudharabah memiliki tenggang waktu antara dana yang diberikan dan pembagian keuntungan, karena bank untuk memutarkan dana itu butuh waktu yang cukup.

Foto: Atur Keuangan Jadi Lebih Baik di BSI Tabungan Rencana, Nggak Ribet plus Gratis Asuransi/ @Pangerandiksi.com

Berhubung tabungan rencana syariah itu akadnya mudharabah mutlaqah, maka nasabah akan mendapatkan keuntungan bagi hasil. Maksudnya mudharabah mutlaqah adalah pengelola dana (bank) tidak dibatasi oleh pemilik dana (nasabah) untuk mengelola dananya. Jadi, pihak bank dapat melakukan upaya maksimal untuk mendapatkan keuntungan yang hasilnya akan dibagi dua.

Baca juga, yuk! Baju Fatih Indonesia Bikin Cowok makin Keren dan Percaya Diri, Sudah Punya?

Untuk memanfaatkan produk BSI Tabungan Rencana pastinya nasabah nggak bakal diribetkan sama customer service (layanan pelanggan). Justru malah dikasih gratis asuransi. Dari laman resminya, Bankbsi.co.id, BSI Tabungan Rencana, yaitu tabungan dengan akad mudharabah muthlaqah yang diperuntukan bagi segmen perorangan dalam merencanakan keuangannya dengan sistem autodebet dan gratis perlindungan asuransi.

Ada lima keunggulan yang ditawarkan BSI Tabungan Rencana, yaitu:

  1. Mendapat kepastian pencapaian target dana;
  2. Bagi hasil yang kompetitif hampir setara deposito nisbah papan;
  3. Gratis perlindungan asuransi syariah (premi dibayar bank);
  4. Sistem autodebet sehingga lebih disiplin dalam menabung;
  5. Gratis biaya administrasi bulanan.

Adapun tarif dan biaya yang berlaku pada produk BSI Tabungan Rencana, yaitu:

  1. Target dana: minimal Rp1,2 juta dan maksimal Rp1,5 miliar;
  2. Setoran bulanan minimal Rp100 ribu (kelipatan Rp50rb);
  3. Biaya administrasi gratis;
  4. Biaya Penutupan rekening kalau sebelum jatuh tempo Rp50 ribu dan setelah jatuh tempo gratis.

Baca juga, yuk! Belajar Hidup tak Banyak Tingkah ala Khaby Lame, Why Not?

Untuk memanfaatkan produk BSI Tabungan Rencana, nasabah datang ke kantor cabang BSI terdekat dan bawa KTP, NPWP, dan buku Tabungan/Giro BSI sebagai rekening induk. Itu doang, lo. Nggak ribet, kan? Setelah nasabah mendapatkan buku rekening BSI Tabungan Rencana, ya selanjutnya menabung dengan disiplin dalam jangka waktu yang sudah disepakati. BSI Tabungan Rencana bukan cuma buat dana nasabah aman, tapi jiwa nasabah juga diproteksi sama asuransi syariah gratis. Masyaallah!

Perlu diketahui, nih, Sob! BSI adalah bank yang berbasis syariah terbesar di Indonesia. Bank yang baru diresmikan pada 1 Februari 2021 oleh Presiden Joko Widodo ini merupakan hasil penggabungan (merger) tiga bank syariah besar di Indonesia. Sebelumnya pada 27 Januari 2021 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan izin merger tiga bank syariah, yakni BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan BNI Syariah melalui surat yang terbit dengan Nomor SR-3/PB.1/2021.

Baca juga, yuk! Bisnis Kontemporer: Ibu Kandung dan Basmalah

Belum genap setahun, BSI telah mendapatkan beberapa capaian dan prestasi, lo. Berdasarkan Laporan Keuangan Triwulan III September 2021, BSI sukses menjadi bank syariah yang menghasilkan laba terbesar, yakni Rp2,25 triliun. Bukan cuma itu, BSI juga bank umum syariah yang punya total aset paling gede, yakni Rp251 triliun. Baru-baru ini juga BSI mendapatkan penghargaan Infobank Bankers Of The Year 2021 dan Banker of The Year CNBC Indonesia Awards 2021. Keren, kan? Jadi, sudah buka rekening dan pakai aplikasi BSI Mobile, belum? Belum? Lemah. (Pangeran Diksi)

Rekomendasi artikel buat kamu

1 Komentar

  1. […] Baca juga, yuk! Atur Keuangan Jadi Lebih Baik di BSI Tabungan Rencana, Nggak Ribet plus Gratis Asuransi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *