Notula Jurnalistik (2): Straight News Adalah

Foto: Dok. @Pangerandiksi.com

Kalau kita suka atau pernah membaca surat kabar, majalah, atau tabloid, tentu hampir semua isinya adalah karya jurnalistik. Dalam hal ini, karya jurnalistik adalah berbentuk tulisan, ada juga bentuknya desain gambar atau foto, dan audiovisual dalam media lain seperti media massa elektronik, media massa daring, dan situs berita daring. Misalnya saja di surat kabar, tentu kita menemui banyak tulisan berita, kan? Selain berita, kita juga bakal menemui tulisan-tulisan ulasan seperti tajuk rencana, opini, esai, resensi, dll.

Kustadi Suhandang menuliskan bahwa bisa saja berita diistilahkan sebagai ‘news‘ dalam bahasa Inggris yang berarti ‘baru’. “Sangat boleh jadi istilah ‘news‘, istilah Inggris untuk maksud ‘berita’ berasal dari ‘new‘ (baru) dengan konotasi kepada hal-hal yang baru. Dalam hal ini segala yang baru merupakan bahan informasi bagi semua orang yang memerlukannya. Dengan kata lain, semua hal yang baru merupakan bahan informasi yang dapat disampaikan kepada orang lain dalam bentuk berita (news),” tulis Kustadi dalam buku Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik di halaman 111.

DAFTAR ARTIKEL LAINNYA:

Dari buku terbitan Nuansa Cendekia 2016 itu, mengutip dari Van Haeringen, 1977: 87 dan 559; Wojowasito, 1981: 70, 394, dan 740, Kustadi juga menjelaskan bahwa berita berasal dari kata ‘bericht (en)’ yang selanjutnya dari kata ‘mededeling‘ dalam bahasa Belanda. ‘Mededeling‘ artinya ‘pengumuman’ akar katanya dari ‘made (delen)’ sinonim dari ‘bekend maken‘ yang berarti ‘memberitahukan; mengumumkan; membuat terkenal dan ‘vertelen‘ yang berarti ‘menceritakan atau memberitahukan’.

Aplikasi KBBI V membahasakan ‘berita’ sebagai: 1. cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar, 2. laporan, 3. pemberitahuan; pengumuman. Maka, dapat juga dibahasakan bahwa berita adalah informasi yang telah dikemas sedemikian rupa sebagai karya jurnalistik yang dapat dikonsumsi publik. Lalu pertanyaannya apakah berita itu sama dengan informasi?

Ada tiga makna ‘informasi’ yang tertera di aplikasi KBBI V, 1. penerangan, 2. pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu, 3. (dalam Linguistik) keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu. Artinya, informasi merupakan bagian dari konstruksi berita. Informasi belum tentu bisa menjadi berita apabila tidak memenuhi formula 5W + H atau ASDiKaMBa (Apa, Siapa, Di mana, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana).

Suatu berita dalam kemasannya secara umum dibagi atas dua, yaitu berita langsung (straight news) dan berita tidak langsung (feature news).

Baca juga, yuk! Notula Jurnalistik (1): Joseph Pulitzer, Jurnalisme, Jurnalistik, dan Pers

Straight news misalnya, berita ini lebih bersifat to the point atau langsung mengemukakan fakta-data yang perlu di dalamnya. Kustadi pada halaman 113 mengatakan bahwa straight news mengungkapkan fakta utama yang terlibat dalam suatu peristiwa dengan apa adanya secara langsung baik hal-hal yang menjadi pokok masalah peristiwa itu atau pun yang dikatakan oleh tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa itu.

Kustadi juga membagikan straight news dalam tiga jenis, yaitu: a) Matter of fact news, hanya mengemukakan fakta utama yang terlibat dalam peristiwa itu, b) Action news, hanya mengemukakan perbuatan, tindakan (kejadian) yang terlibat dalam peristiwa itu. Dengan kata lain, mengisahkan jalannya peristiwa, dan c) Quote news, hanya mengemukakan kutipan dari ungkapan siapa tokoh yang terlibat.

Contoh matter of fact news:

Mayat Perempuan Ngapung di S. Deli*

BELAWAN (Waspada): Sejumlah warga Lingkungan 2, Kelurahan Belawan Bahari Medan Belawan, Minggu (29/11) sekira pukul 07.00, dihebohkan penemuan sesosok mayat perempuan tanpa identitas mengambang di Sungai Deli.

Penemuan mayat tanpa identitas tersebut langsung dilaporkan ke Polsek Belawan.

Informasi di lokasi kejadian, jasad perempuan diperkirakan berusia 50 tahun ini pertama kali ditemukan pencari cacing di Sungai Deli.

Baca juga, yuk! Ketika Bangsa Lain Ikhlaskan Bahasa Melayu Disebut sebagai Asal Mula Bahasa Indonesia

Oleh warga jasad perempuan tersebut ditarik ke pinggir sungai, agar tidak hanyut terlalu jauh. Kapolsek Belawan Kompol D.J Naibaho, S.H saat dihubungi wartawan membenarkan penemuan mayat perempuan tanpa identitas di Sungai Deli.

“Mayat wanita tanpa identitas tersebut sudah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumut guna proses otopsi,” ucap Kapolsek seraya mengimbau warga yang merasa kehilangan anggota keluarganya dapat langsung ke RS Bhayangkara Medan.

Adapun ciri-ciri korban saat ditemukan memakai kaus biru garis-garis putih dan celana hitam ponggol yang diperkirakan berusia 50 tahun.

*) sumber: Harian Waspada (30/11/2020)

Contoh action news:

Baca juga, yuk! Siapa Mohammad Tabrani Sosok di Balik Bahasa Indonesia?

PMI Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ili di NTT*

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan personel dan bantuan logistik ke wilayah terdampak letusan Gunung Ili Lewotolok Kabupaten Lembata, NTT pada Ahad (29/11). Relawan PMI bersama pemerintah setempat mengevakuasi warga dari sejumlah desa sekitar lereng Gunung Ili Lewotok ke tempat aman.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said mengatakan beberapa desa di sekitar lereng Gunung Ili Lewotolok diguyur hujan abu dan pasir dari letusan tersebut. Saat ini, warga yang terdampak hujan abu dan pasir dievakuasi ke lapangan Kantor Bupati Lama di kawasan Kota Baru, Kecamatan Lewoleba Tengah.

“Merespons kejadian tersebut PMI Kabupaten Lembata memobilisasi personil untuk melakukan assessment, evakuasi, stand by dan monitoring informasi lebih lanjut serta berkoordinasi dengan instansi terkait,” kata Sudirman dalam siaran pers yang diterima, Senin (30/11).

Berdasarkan informasi BPBD Kabupaten Lembata, sebanyak 3.671 jiwa yang berasal dari 17 Desa di Kecamatan Ile Ape dan 9 Desa di Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata mengungsi di enam titik pengungsian. Markas Pusat PMI telah mengirimkan logistik berupa 10.000 masker, 300 perangkat kebersihan, 200 terpaulin, dan 50 rompi.

Sementara, masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok dan pengunjung atau pendaki wisatawan telah diimbau agar tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya di dalam area kawah Gunung Ili Lewotolok dan di seluruh area dalam radius 2 km dari puncak.

Baca juga, yuk! Sepatu Aerostreet Produksi Lokal, Keren dan Berkualitas, Kok Bisa Murah Banget?

Gunung Ili Lewotolok meletus pada Ahad (29/11) pukul 09.45 WITA. Tinggi kolom abu letusan itu teramati mencapai 4.000 meter di atas puncak atau 5.423 mdpl, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan barat. Akibat kejadian tersebut Erupsi menyebabkan beberapa desa di sekitar lereng gunung diguyur hujan abu dan pasir.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi sekitar 10 menit, selain itu gempa vulkanik terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dengan durasi kurang lebih 10 menit atau 600 detik.

*) sumber: Republika.co.id (30/11/2020)

Contoh quote news:

Kepala Perpustakaan UIN SU: Minat Baca Mahasiswa Tinggi*

Baca juga, yuk! Atur Keuangan Jadi Lebih Baik di BSI Tabungan Rencana, Nggak Ribet plus Gratis Asuransi

Medan, Dinamika Online – Kepala Perpustakaan UIN SU Triana Santi berpendapat bahwa minat baca mahasiswa UIN SU itu terbilang tinggi. Namun, daya bacanya yang rendah. Hal itu ia kemukakan saat Perpustakaan UIN SU diputuskan terakreditasi A oleh Perpustakaan Nasional RI, Kamis (27/11).

“Minat baca mahasiswa kita ini tinggi tapi daya bacanya yang rendah. Minat baca yang tinggi tapi baca gadget, bukan buku,” kata Pemimpin Perpustakaan UIN SU itu. Ia menjelaskan daya baca buku dengan daya baca gawai, media sosial misalnya itu berbeda. Media sosial yang dinamis, banyak konten dan gambar membuat tidak cepat bosan dan cepat kantuk, berbeda dengan buku.

Melihat keadaan seperti itu, Triana melalui kinerjanya mengembangkan perpustakaan terus semakin baik hingga meraih penghargaan tertinggi dari Perpustakaan Nasional RI. Untuk menarik minat baca buku fisik di perpustakaan ia mengubah suasana ruang baca menjadi full colour (penuh warna) dan nyaman. Kemudian didukung koleksi buku, manajemen digitalisasi yang memudahkan transaksi peminjaman.

Perkembangan Perpustakaan UIN SU juga dirasakan oleh Nirza Mahfuza. Namun, pendapatnya akreditasi A tidak menentukan seberapa minat baca. “Kita enggak menutup mata kalau perpustakaan kita terus lebih baik. Tapi, minat baca di perpustakaan itu enggak terlalu dilihat dari akreditasinya tapi kelengkapan koleksi bukunya yang selama ini juga jarang saya dapatkan untuk memenuhi tugas,” kata mahasiswi semester V Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam itu.

Namun demikian, melihat minat baca yang telah digambarkannya, Triana berpesan kepada mahasiswa untuk terus membaca. “Mahasiswa itu kreatif dan inovatif. Namun, masih perlu diarahkan dan terus belajar terutama belajar dari buku. Karena orang-orang pintar itu tidak terlepas dari buku,” katanya.

*) sumber: Lpmdinamika.co (29/11/2019)

Suatu berita dikatakan layak siar apabila didapati informasi dari sumber berita utama dan memenuhi formulanya (walaupun hanya satu narasumber). Namun, kadang jurnalis memainkan seninya dengan memadukan ketiga bentuk straight news itu dalam satu kemasan berita.

Pangerandiksi.com

Biasanya konten berita itu dibangun atas struktur piramida terbalik. Piramida terbalik ini terbagi atas tiga sisi, pertama, sisi atas sebagai konten terpenting atau paling menarik perhatian yang memuat formula ASDiKaMBa. Kedua, sisi medio yang berisi kalimat-kalimat penjelas dari sisi pertama. Dan ketiga, sisi bawah yang berisi informasi tambahan yang mendukung konstruksi berita. (Pangerandiksi.com)

*) Artikel ini telah saya tulis sebelumnya untuk Lpmdinamika.co pada 17 Desember 2020.

Rekomendasi artikel buat kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *