Mengapa Purple Day Disebut Hari Epilepsi Internasional? Pencinta Warna Ungu Wajib Tahu

Setiap tanggal 26 Maret dunia internasional memperingati Purple Day atau Hari Ungu. Purple Day ini merupakan sebuah gerakan mengenakan pakaian atau aksesoris berwarna ungu. Tujuannya adalah untuk memberikan perhatian khusus kepada penyakit epilepsi.

Gerakan Hari Ungu ini diharap dapat mendukung dan meningkatkan pengetahuan publik terhadap penyakit epilepsi. Dokter Winnugroho Wiratman dari klikdokter.com, menerangkan bahwa epilepsi merupakan gangguan saraf yang disebabkan adanya gangguan aktivitas listrik pada otak.

DAFTAR ARTIKEL LAINNYA:

Gangguan tersebut menyebabkan penderita epilepsi kejang secara tiba-tiba, mengalami sensasi dan perilaku yang tidak seperti biasanya hingga kehilangan kesadaran. Namun, tidak semua kejang dapat dikatakan epilepsi, ya.

Kejang karena epilepsi tentu dapat membahayakan penderitanya, termasuk akan mengganggu pekerjaan sehari-hari hingga berisiko tinggi menyebabkan kecelakaan saat mengemudi.

Baca juga, yuk! Sepatu Aerostreet Produksi Lokal, Keren dan Berkualitas, Kok Bisa Murah Banget?

Dokter Winnugroho menjelaskan pertolongan pertama yang dapat dilakukan apabila mendapati orang mengalami kejang epilepsi, di antaranya yaitu:

  • Tetap tenang dan jangan panik,
  • Menjauhkan barang-barang berbahaya yang ada di sekitar penderita yang mengalami kejang,
  • Memberikan alas kepala,
  • Longgarkan pakaian guna memudahkan pernafasan,
  • Miringkan badan ke salah satu sisi,
  • Selama penderita mengalami kejang, jangan masukkan apapun ke dalam mulutnya karena dikhawatirkan dapat melukai si penderita,
  • Dampingi penderita sampai kejang berhenti.

Baca juga, yuk! Atur Keuangan Jadi Lebih Baik di BSI Tabungan Rencana, Nggak Ribet plus Gratis Asuransi

Karena sangat pentingnya mengetahui apa itu penyakit epilepsi, negara Kanada sampai membuat Undang-Undang yang ditetapkan pada 28 Juni 2012. Dalam Undang-Undang itu Kanada secara resmi memperingati Purple Day sebagai Hari Epilepsi Internasional setiap tanggal 26 Maret.

Kanada menaruh perhatian khusus bagi orang dengan epilepsi sehingga literasi tentang penyakit ini dapat meningkatkan kesadaran warganya. Seperti diketahui Kanada merupakan negara maju di Amerika dengan masyarakat berpola hidup sehat yang tinggi.

Baca juga, yuk! Bagaimana Menulis Feature?

Mengapa warna ungu dipilih sebagai simbol Purple Day? Karena ungu melambangkan bunga lavender yang dikenal sebagai bunga epilepsi internasional. Lavender disebut sebagai bunga yang menyimbolkan kesepian, dan itu sering disimpulkan sebagai epilepsi. (Pangerandiksi.com)

Rekomendasi artikel buat kamu

10 Komentar

  1. Baru atau kalo setiap tanggal 26 Maret Purple Day Disebut Hari Epilepsi Internasional, Tujuannya adalah untuk memberikan perhatian khusus kepada penyakit epilepsi. terimakasih kak infonya dapat ilmu baru

  2. Menjaga kesehatan sepele kelihatannya tapi besar manfaat nya, mulai dari kulit hingga bagian dalam tubuh, semoga kita sehat sehat terus ya sobat

  3. Alhamdulillah saya pecinta wangi lavender bang. Meskipun disebut harum kesepian tapi wangi lavender beneran menenangkan.
    Saya dan cerita tentang epilepsi hampir mewarnai hidup anak saya karena ia pernah kejang tanpa demam. Alhamdulillah setelah cek EEG ternyata tidak ditemukan. Beralih ke penyakit lainnya yang sekarang sudah sembuh. Nice info btw bang.. Tentang ungu, lavender dan juga tentang epilepsi.

  4. Belum pernah melihat langsung orang epilepsi, tapi udah tau sedikit infonya dari beberapa novel. Jadi ingat iklan layanan masyarakat jaman 90an: “epilepsi dapat terjadi pada setiap orang. Bukan penyakit menular dan bukan penyakit keturunan. Dengan pengobatan teratur, dapat hidup secara normal.”

  5. Baru tau ada purple day dan memiliki maknanya tersendiri. Dan setelah membaca sampai habis apakah ada hari dengan warna lainnya?

  6. Saya penggemar warna ungu lho.
    Dan suka liat bunga Lavender.
    Tapi baru tau kalo bunga Lavender itu melambangkan epilepsi, dan juga melambangkan kesepian

  7. Waahh daku baru tahu, bolehlah ini share ke teman aku. Kebetulan dia purple holic sekaliii.. Thanks kak, info segar kali nih di aku.

  8. Beneran baru tau bahwa ada Epilepsi Day. Dulu zaman sekolah pernah kaget melihat teman yang epilepsi tapi makin kesini gak pernah menemukan lagi. Semoga dengan adanya edukasi konsisten tentang ini masyarakat jadi paham dan aware ya…

  9. Wah baru tahu aku tentang fakta warna ungu sebagai simbolnya hari epilepsi. Menarik nih.
    Aku tuh suka warna ungu, cerah dan indah. Cocok dipadupadankan dengan warna lainnya

  10. Dulu pernah suka warna ungu, dan baru tahu nih kalau bunga lavender dikenal juga sebagai bunga epilepsi. Mantap! Nambah wawasan baru~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *